loading...
Home » » ngeblog in english

ngeblog in english

saya menemukan jawaban yang bagus dari blog Pogung177, ia menjawab pertanyaan dari Arief yang berbunyi: “Pogung, i’m glad to know indonesian who want to blog in english, just like me, want to improve me english.”

Jawaban Pogung menyenangkan hati, “ If you running business on global world, prepare your language skill, so don’t be worried with your grammer, just be confident with your own skill.”

Jawaban seperti ini tentu saja akan menyenangkan hati. Ber-english-lah terlebih dahulu. Masalah grammar dan sebagainya bisa dibetulkan kemudian. Yang terpenting untuk saat ini ialah memulai menulis apa saja yang muncul di pikiran dalam bahasa Inggris. Untuk membetulkan grammar ataupun logika tulisan bisa menyusul. Yang dibutuhkan ialah keberanian untuk memulai. Harus percaya diri bahwa siapa pun bisa belajar bahasa asing, tinggal keberanian untuk memulai. Skill akan menanjak dengan sendirinya. Oh ya, ada satu ketentuan lagi, mau memperbaiki secara terus-menerus skill ber-english-nya.

Untuk kamus indonesia-english, bisa beli di toko buku (gramedia, gunung agung). Banyak kamus tersedia untuk belajar bahasa inggris. Trus, untuk belajar hal lainnya bisa dilihat dalam buku-buku lainnya, yang berhubungan dengan bahasa inggris.

Yang saya sesalkan, mengapa pelajaran bahasa inggris yang saya pelajari sewaktu SMP dan SMA dikit yang nempel. Bayangkan saja,enam tahun belajar grammar dan menulis dalam bahasa inggris, hasilnya menyedihkan. Memang dalam ulangan sekolah, nilai selalu bagus. Namun, sayangnya praktek di lapangan tidak begitu menghasilkan: english ku masih berantakan. Baca buku berbahasa english masih ngerti, mendengar orang ngomong dalam english masih mengerti. Tetapi ketika harus menulis atau berbicara dalam bahasa english, selalu gagap. Seolah selalu ada yang nyangkut di otak. Padahal, kosakata dalam english sudah banyak yang diingat. Why? Mungkin, karena jarang mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kembali ke persoalan ngeblog in english. Dengan melatih diri menulis blog dengan bahasa inggris, mau tak mau, pasti akan meningkkatkan kemampuan berbahasa kita. Kita akan terlatih untuk berkenalan akrab dengan kosakata baru. Bahasa inggris akan menjadi bahasa sehari-hari, sama seperti bahasa indonesia ataupun bahasa ibu.

Ngeblog in english? Siapa takut.

(hatur nuhun untuk Pogung177 yang menambah semangat orang2 indonesia untuk menulis dalam bahasa inggris)

2 komentar:

Biho said...

Mari tetap semangat belajar bahasa Inggris lewat blog.

dewa01api said...

iya..semangat selalu untuk belajar bahasa inggris. saya juga sedang belajar kembali. belajar dari nol lagi.