loading...
Home » , » Benda-benda Koleksi

Benda-benda Koleksi


Bagi anda yang berminat menekuni hobi koleksi, ada beberapa saran dari saya. Saran-saran ini saya peroleh dari pengalaman dan sejumlah sumber bacaan. Saran saya:

PERTAMA, koleksi barang yang benar-benar anda sukai. Mengapa? Karena ini akan berpengaruh terhadap perlakuan anda terhadap benda koleksi itu. Makin sayang pada benda koleksi, makin baik kolektor merawat miliknya.

KEDUA, temukan kesenangan saat mengoleksi. Ada hal-hal yang menarik ketika anda mengoleksi sesuatu. Misalnya, saat anda mengoleksi uang kuno (apakah koin atau pun uang kertas), ada kesenangan ketika memburu sebuah seri koin. Atau anda akan semakin mendapat pengetahuan baru ketika mengetahui latar belakang sebuah uang kertas. Begitu pula dengan prangko, ada orang yang senang dengan jenis gambar-gambar tertentu. Gambar yang disukai ialah prangko yang memuat gambar flora atau fauna.

KETIGA, sesuaikan koleksi anda dengan ukuran dompet anda. Pisahkan antara uang belanja sehari-hari dengan biaya untuk membeli benda-benda koleksi. Jangan dicampur aduk, karena akan mengacaukan kondisi keuangan anda. Ingat satu hal: saat membeli pun sebisa mungkin jangan asal senang saja. Ketahui dulu apa yang anda inginkan, lihat referensi benda koleksi, kemudian bandingkan dengan harga yang ditawarkan. Sebisa mungkin membeli benda koleksi dengan harga yang wajar.

KEEMPAT, temukan komunitas koleksi anda. Beberapa jenis benda koleksi sudah ada perkumpulannya. Perkumpulan seperti ini sangat berguna. Anda bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat sama. Di Indonesia sendiri, perkumpulan kolektor sudah banyak. Macam-macam jenis perkumpulannya, ada yang mengkhususkan diri pada prangko (filateli), bunga, botol, uang, dan sebagainya. Dari perkumpulan seperti ini, kadang anda akan banyak mendapat bantuan, baik untuk referensi benda koleksi atau jaringan.

KELIMA, untuk menjadi kolektor tak harus bermodal besar. Anda bisa memulai koleksi dengan dana seadanya. Anda juga harus tahu bahwa benda koleksi tak hanya lukisan, patung, uang kuno, buku tua, peta, dana sebagainya. Melainkan ada pula yang suka mengoleksi botol coca-cola (ini sudah memiliki klub internasional), semua benda-benda yang berhubungan dengan rokok, poster, kaset grup musik tertentu, mug, gantungan kunci, dan banyak lagi jenis koleksi yang unik.

Ini beberapa saran dari saya. Jika ada yang mau menambahkan, silakan saja.

0 komentar: