Home » » Berbisnis Lebih Mudah Lewat Layanan Awan

Berbisnis Lebih Mudah Lewat Layanan Awan

Baca berita di Tempo.co, disebutkan layanan awan (cloud) akan menjadi tren teknologi pada masa datang. Menarik memperhatikan perkembangan teknologi di Indonesia. Berikut berita yang dilansir situs Tempo:

Presiden Direktur Microsoft Indonesia mengatakan, layanan awan merupakan satu dari empat tren besar digital yang bakal berlangsung hingga sepuluh tahun mendatang.

Tiga lainnya adalah mobile, sosial, dan big data. "Saat ini semua layanan Microsoft telah terintegrasi ke layanan awan (cloud)," kata dia pada acara Microsoft Cloud Summit 2013 di Ritz Carlton, Jakarta.

Menurut Tony Seno, National Technology Officer dari Microsoft Indonesia, layanan cloud ini sangat memudahkan para pengusaha, baik skala besar maupun kecil, untuk mempromosikan diri dan menjalankan bisnisnya.

Salah satu layanan cloud dari Microsoft adalah Azure, yang terdiri dari data-data center yang terletak di sekitar 20 lokasi di berbagai negara. "Layanan ini juga bisa digunakan oleh pemerintah," kata dia.

Menurut Risman Adnan, Director-Developer dan Platform Evangelism di Microsoft Indonesia, selain Azure, perusahaan juga menawarkan Office 365 serta Windows Intune.

"Dengan kedua produk ini, para pengguna bisa menikmati berbagai layanan awan tanpa perlu merasakan kompleksitas dalam pemeliharaan hardware," kata dia.

Pada acara ini, Microsoft Indonesia juga menampilkan tiga pengusaha yang telah menjajal layanan awan Azure. Yaitu Yusuf IJsseldijk dari GoIndonesia.com, sebuah perusahaan travel. Lalu ada Farid Zulkarnain dari Navcore Nextology, sebuah perusahaan pembuat aplikasi.

Kedua pengusaha ini mengaku merasa cukup puas berlangganan layanan awan Azure karena mendapatkan dukungan bantuan selain teknis. "Jika traffic di situs saya naik, itu juga akan menguntungkan Microsoft karena saya akan semakin lama berlangganan," kata Yusuf.

1 komentar:

headrest monitor said...

teknologi makin maju ya....nice dah..