loading...
Home » » Ciri Ciri Penyakit Jantung

Ciri Ciri Penyakit Jantung

 Ciri ciri penyakit jantung
Ciri ciri penyakit jantung � Penyakit Jantung merupakan salah satu penyakit yang cukup ditakuti dan merupakan penyakit yang berbahaya setelah Kanker dan AIDS. Sebagian orang yang menderita penyakit jantung ini tidak merasakan gejala apapun.

Oleh karena itu dengan membaca artikel mengenai Ciri Ciri Penyakit jantung kita diharapkan bisa mengetahui dan mengerti apa saja yang menjadi penyebab maupun gejala gejala yang ditimbulkan dari penyakit jantung tersebut.

Sebelum membaca lebih jauh mengenai Ciri Ciri penyakit Jantung pada umumnya, ada baiknya anda juga harus mengetahui macam-macam penyakit jantung. Menurut diagnosa, penyakit jantung ada bermacam-macam.

Berikut penjelasan lengkapnya disertai dengan gejala gejala klinis yang nampak :

1. Penyakit Jantung Koroner
Penyakit jantung koroner disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh darah kecil yang memasok darah dan oksigen ke jantung. Atau disebut juga dengan istilah aterosklerosis, hal ini terjadi ketika bahan lemak dan zat-zat lainnya membentuk plak pada dinding arteri. Hal ini menyebabkan arteri yang dialiri darah menjadi sempit. Karena aliran sempit pada arteri koroner, darah ke jantung menjadi lambat bahkan berhenti. Tentu saja dalam keadaan seperti ini seseorang akan mengalami sesak napas, nyeri pada dada, sakit kepala disertai mual mual.

2. Penyakit jantung bawaan
a. Sianotik ( ciri klinisnya ialah biru di bagian tubuh, bibir, dan jari-jari tangan)
b. Asianotik ( tidak biru )

3. Serangan Jantung
Serangan jantung merupakan salah satu dari macam-macam penyakit jantung yang paling berbahayadan mematikan. Serangan jantung disebabkan karena banyak hal, namun yang paling utama ialah karena terhambatnya aliran darah menuju otot-otot jantung. Hal ini menyebabkan jantung tidak dapat berfungsi sama sekali dan biasanya terjadi secara mendadak.

4. Pericarditis
Pericarditis. teman-teman ada yang tahu apa yang dimaksud dengan pericarditis? Pericarditis merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh adanya infeksi pada organ jantung. Infeksi pada organ jantung tersebut bisa disebabkan oleh jamur, bakteri, maupun virus HIV. Penyebab lain ialah karena adanya pengaruh efek samping dari obat-obatan tertentu yang menyebabkan peradangan pada kantong pericardial dan pericarditis.

5. Gagal Jantung
Gagal jantung juga merupakan salah satu dari macam-macam penyakit jantung. Pada penderita gagal jantung, detakan jantungnya tidak berjalan secara normal. Penyebabnya adalah rusaknya otot jantung serta karena adanya beban jantung yang berlebihan. Ciri Ciri Gagal jantung ialah: Cepat terasa capek, Sesak nafas, baik saat aktifitas biasa, ringan, bahkan pada saat istirahat, tungkai bengkak ( edema ), sulit tidur pada posisi berbaring, biasanya lebih nyaman dengan posisi setengah duduk

Ada 4 pembagian kelas dari gagal jantung :
a. fungsional class 1
b. fungsional class 2
c. fungsional class 3
d. fungsional class 4
 
Ciri Ciri Penyakit Jantung pada umumnya:
 
1. Tiba-tiba sakit di bagian dada dibelakang tulang dada atau seperti sesak dada.
2. Nyeri dada bisa berulang beberapa menit (20 menit atau lebih).
3. Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin
4. Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali sadar. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung
5. Merasa seperti sakit maag, padahal sebelumnya tidak pernah menderita gangguan lambung
6. Berkeringat sangat banyak pada waktu malam
7. Dada dan bagian punggung terasa tertekan sehingga sulit bernafas
8. Lengan bagian dalam dari ketiak sampai siku-2, bahkan
9. Menjalar sampai ke jari-jari, terasa kram atau kesemutan
10. Rahang terasa kaku dan kram

Artikel yang terkait dengan Ciri ciri penyakit jantung : Tanda-tanda penyakit jantung, ciri-ciri penyakit jantung, punca penyakit jantung, definisi penyakit jantung, Ciri ciri penyakit jantung, obat penyakit jantung, jenis penyakit jantung, penyakit jantung koronari.
 

0 komentar: