loading...
Home » » Fungsi Obat Profertil

Fungsi Obat Profertil

Fungsi Obat Profertil 
 obat profertil
Fungsi obat profertil  Profertil adalah salah satu jenis obat yang digunakan untuk memicu ovulasi sehingga diberikan atas indikasi gangguan ovulasi atau unxeplained infertility.

KANDUNGAN
Clomiphene citrate / Klomifen sitrat.

INDIKASI
Infertilitas (ketidaksuburan) pada pasien yang tidak haid (amenore), sindroma Stein-Leventhal, perdarahan rahim fungsional dimana ketiadaan ovulasi merupakan masalahnya.
Juga diindikasikan untuk meningkatkan spermatogenesis pada pria oligospermia (jumlah sel mani yang kurang dalam air mani).

KONTRA INDIKASI
Insufisiensi hati, wanita hamil, kista ovarium, gangguan organk pada pituitari, ovarium, atau organ reproduksi lainnya.

EFEK SAMPING
Dapat menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan, ruam kulit, kemerahan pada wajah dan leher yang disertai dengan rasa panas, pandangan kabur, sakit kepala, insomnia/susah tidur, pembesaran ovarium yang berlebihan dan pembentukan kista ovarium, kehamilan kembar.

INDEKS KEAMANAN PADA WANITA HAMIL
Penelitian pada manusia dan hewan telah menunjukkan janin yang abnormal atau ada kejadian berbahaya pada janin berdasarkan pengalaman manusia atau keduanya, dan risiko penggunaan obat pada wanita hamil jelas melampaui keuntungannya. Obat dikontraindikasikan pada wanita yang sedang atau akan hamil.

KEMASAN
Tablet 50 mg x 10 biji.

DOSIS
  • Infertilitas anovulatori : 1 tablet sehari selama 5 hari dimulai pada hari ke-5 siklus menstruasi atau beberapa kali pada kasus amenore.
  • Ovulasi biasanya terjadi 6-10 hari setelah dosis terakhir Profertil. Jika ovulasi tidak terjadi, bisa diberikan rangkaian pengobatan selanjutnya : 1 tablet 2 kali sehari selama 5 hari.
  • Oligospermia : 1 tablet sehari selama 40-90 hari.
PENYAJIAN
Dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau tidak
Demikian artikel mengenai Fungsi obat profertil. Semoga bermanfaat 

0 komentar: