loading...
Home » » Pantangan Asam Urat

Pantangan Asam Urat


pantangan asam uratPantangan asam urat adalah makanan dan gaya hidup yg sebaiknya dihindari untuk mengontrol asam urat. pemilihan jenis makanan mempunyai peran penting dalam mengatur kadar purin.

Penyakit asam urat yang salah satunya disebabkan oleh kelebihan purin akan sangat nyeri di persendian dan terasa sangat menganggu dan menyakitkan bagi penderitanya. Penumpukan asam urat tersebut tentunya dapat mengganggu kenyamanan dan aktifitas sehari-hari apalagi bagi mereka yang sudah bekerja. Selain konsumsi obat-obatan, baik itu obat pereda nyeri maupun obat pengontrol kadar asam urat, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kadar purin menjadi salah satu penyebab sehingga pemilihan jenis makanan mempunyai peran penting untuk mengontrol penyakit ini.

Pantangan asam urat

Pantangan bagi penderita asam urat sebenarnya bukan hanya pada makanan saja, tapi juga berpengaruh terhadap gaya hidup seseorang atau kebiasaan lainnya. Namun kali ini kita hanya membahas jenis makanan pantangan asam urat yang sebaiknya dihindari atau di minimalisir (terutama bagi mereka yang sudah menderita)antara lain adalah :
  • Makanan hasil olahan laut yang dikemas seperti makanan kaleng dsb. Diharapkan juga bisa
  • Menghindari makanan laut seperti udang, kepiting, remis, dan tiram, cumi-cumi.
  • Minuman yang beralkohol seperti tape, bir, tuak pahit, dll.
  • Jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dll. Sudah rahasia umum bahwa jeroan menjadi pantangan asam urat.
  • Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, alpokat, air kelapa muda, emping melinjo, dll

Boleh dikonsumsi, saya sebut setengan pantangan asam urat.

Beberapa jenis makanan yang boleh dikonsumsi dalam jumlah sedikit antara lain :
  • Tahu dan tempe, Ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi.
  • Beberapa jenis sayuran tertentu seperti kangkung, bayam, brokoli, dan tauge, daun pepaya, asparagus, kacang-kacangan, jamur.
  • Beberapa pendapat bahwa lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat lewat urin sehingga makanan berlemak seperti santan, margarine, mentega, atau goreng-gorengan.

Boleh di konsumsi bagi penderita asam urat

Jenis makanan yang boleh dikonsumsi adalah :
  • Makanan sumber karbohidrat seperti beras, kentang, singkong, terigu, tapioka, hunkwe, makaroni, mi, bihun, roti, dan biskuit. Tetapi, karbohidrat sederhana golongan fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa dapat meningkatkan kadar asam urat.
  • Buah-buahan seperti semangka, melon, nanas, belimbing manis, dan jambu air.
  • Jenis makanan olahan yang dapat dikonsumsi keju dan susu.
  • Telur
Pantangan asam urat dapat kita ubah sedikit sesuai dengan cara kita masing-masing. Penderita asam urat dianjurkan untuk banyak minum, minimal 2 liter atau 10 gelas sehari, bertujuan membantu pengeluaran asam urat lewat air seni dan mencegah penumpukan asam urat di ginjal atau kandung kemih. Air minum ini bisa berupa air putih masak, teh, atau kopi.

0 komentar: